Sejarah Desa

Batu Menyan adalah salah satu Desa yang berada di kawasan Pesisir Teluk Lampung. Wilayah Desa Batu Menyan sebagian besar berada di garis pantai Kabupaten Pesawaran.

Desa Batu Menyan merupakan Desa pemekaran wilayah Desa Gebang. Dahulu Desa Batu Menyan masuk ke dalam wilayah Kecamatan Padang Cermin, kini masuk ke dalam wilayah Kecamatan Teluk Pandan.

Sejarah Desa

Batu Menyan asal mulanya adalah nama salah satu Desa tertua di Kecamatan Padang Cermin. Pada tahun 1982 karena adanya program pemerintah untuk membuat pangkalan angkatan laut di Desa Margodadi, Sabu, Menanga dan Batu Menyan, maka diadakannya penggusuran oleh pemerintah di wilayah empat desa tersebut. Sehingga sebagian besar masyarakat yang tinggal di empat desa tersebut harus berpindah mencari tempat tinggal masing-masing. Pada akhir tahun 1983 sebagian kecil masyarakat dari Eks-empat desa tersebut khususnya masyarakat Desa Sabu, Desa Batu Menyan dan Desa Menanga memilih untuk tinggal di wilayah sekitar pangkalan angkatan laut di daerah perbatasan yakni di wilayah Dusun Marga Dalom, Dusun Ketapang dan menginduk kepada Desa Gebang.

Di awal tahun 2012 masyarakat Dusun Marga Dalom, Dusun Ketapang dan Dusun Seribu mengadakan musyawarah yang dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh pemuda hingga akhirnya terjadi pemilihan Calon Pejabat Sementara (PJS) Kepala Desa pemekaran dengan cara vooting dan dalam pemilihan tersebut dimenangkan oleh Sdr. Jamaludin terpilih sebagai Pejabat Sementara Kepala Desa Pemekaran.

Namun pada saat akan ditanda tangani proposal tentang pengajuan pemekaran kepada Bupati oleh Kepala Desa Gebang, secara mendadak masyarakat yang ada di wilayah Dusun Seribu menyatakan pengunduran diri untuk tidak ikut mekar. Pada bulan Agustus 2012 masyarakat yang ada di Dusun Marga Dalom dan Dusun Ketapang mengadakan musyawarah singkat demi menyusun kembali rencana untuk memekarkan diri dari wilayah Desa Gebang. Dan dalam tempo waktu yang singkat,  masyarakat  Dusun Marga Dalom dan Dusun Ketapang akhirnya memutuskan untuk tetap mekar hingga 22 Nopember 2012 Desa Batu Menyan resmi menjadi desa pemekaran dengan dikeluarkanya Surat Keputusan Bupati Kabupaten Pesawaran Nomor : 282 / IV / 06 / HK / 2012, Desa Batu Menyan sampai saat ini dihuni oleh 652 KK dengan 2.486 jiwa yang berada di 5 Dusun yakni Dusun Ketapang Barat, Dusun Ketapang Timur, Dusun Marga Dalom, Dusun Way Sabu dan Dusun Ciberem dengan luas wilayah Desa 1.000 Ha, yang kini menjadi bagian wilayah Kecamatan Teluk Pandan.

Silsilah Kepala Desa

Jamaludin

Pj.Kepala Desa Periode
2012 – 2014

Dr. Herman Susilo, S.Kom., M.T.I.

Pj.Kepala Desa Periode
2014 – 2015

Jamaudin

Kepala Desa Periode
2015 – 2021

M. Akwan, S.I.P.

Pj. Kepala Desa Periode
2021 – 2022

Syahruji

 

Kepala Desa Periode
2022 -2028