BATUMENYAN ( batumenyan.desa.id) – Pemerintah Desa Batu Menyan Kecamatan Teluk Pandan Pesawaran menggelar Kegiatan Rembuk Stunting di Kantor Desa Batu Menyan, Jum’at (27/11/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekcam Teluk Pandan “Saimun, SH.MM” Kasi PMD Kecamatan Teluk Pandan “Ewin Vithori, S.Sos, MM” bersama Tim, Ketua TP-PKK Kecamatan Teluk Pandan ” Yusri Edy Sutrisno “ Pendamping Profesional Desa Kecamatan Teluk Pandan ” Irma Damayanti, S.Kom ” dan tim, Pendamping Lokal Desa ( PLD ) Pol PP Kecamatan Teluk Pandan, Ketua BPD Desa Batu Menyan beserta jajarannya, Ketua TP-PKK Desa Batu Menyan dan anggota, LINMAS, Lembaga Desa, Tokoh Masyarakat, dan seluruh aparatur Desa Batu Menyan

Kepala Desa Batu Menyan “ Syahruji “ menyampaikan, dilaksanakannya Rembuk Stunting ini bertujuan untuk membahas pencegahan dan penanganan masalah kesehatan di desa khususnya Stunting.

“ Kegiatan Rembuk Stunting ini kita laksanakan mengingat angka stunting kita tahun lalu cukup tinggi mencapai 32, ini yang harus kita cari tahu masalahnya untuk menindaklajuti masalah Stunting ini. Selain itu diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat tersusun rencana untuk kegiatan intervensi gizi terintegrasi. Adapun sumber pembiayaan penanganan Stunting adalah dari anggaran pendapatan dan belanja Desa”. Ucap nya.

Sementara Ketua TP-PKK Kecamatan Teluk Pandan “ Yusri Edy Sutrisno “ menjelaskan, Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh kembang pada anak balita yang diakibatkan kekurangan gizi.

“ Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh kembang pada anak balita yang diakibatkan kekurangan gizi, mengingat di Kecamatan Teluk Pandan ini mendapat nilai tertinggi dalam kasus Stunting, angka Stunting kita mencapai angka 40. Untuk itu, hari ini kita melaksanakan kegiatan Rembuk Stunting dengan tujuan untuk mencegah dan menurunkan angka Stunting, Program Penurunan Stunting ini bukan hanya program Pemerintah Desa maupun Pemerintah Kecamatan, akan tetapi ini Program Pemerintah Pusat” jelasnya.

Lebih lanjut “ Irma Damayanti, S.Kom” Tenaga Pendamping Profesional Desa Kecamatan Teluk Pandan mengatakan jika kegiatan penurunan Stunting merupakan salah satu Prioritas yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah Desa.

“ Sebagai pendamping saya mengingatkan jika kegiatan penurunan Stunting ini adalah salah satu prioritas yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah Desa, adapun untuk kegiatan Rembuk Stunting hari ini harus dimasukkan dalam RKP Tahun Anggaran 2024, dan untuk tahun anggaran 2023 ini diharapkan Desa dapat berfokus kepada 32 anak yang terkena Stunting dengan cara pemberian makanan Tambahan (PMT) dan Parenting buat Orang tua nya” kata Irma.” Admin “

Bagikan Berita